Lokasi Digelarnya Festival Woodstock ’69 Diresmikan Jadi Situs Bersejarah

Festival Woodstock 1969 yang bersejarah.

Lokasi diselenggarakannya festival musik Woodstock tahun 1969 telah resmi diubah menjadi situs sejarah. Gubernur New York, Andrew Cuomo mengumumkannya pada Selasa (7/6) lalu. Ia mengatakan, Bethel Woods Center for the Arts (situs budaya nonprofit di Bethel, New York) telah terdaftar dalam National Register of Historic Places.

Sebagaimana dilaporkan CBS News, Cuomo menyebut festival Woodstock ’69 sebagai salah satu momen terpenting untuk sejarah new York dan Amerika.

Woodstock Music & Art Fair disebut-sebut oleh promotor sebagai “An Aquarian Exposition : 3 Days of Peace & Music.” Festival tersebut digelar pada 15 hingga 17 Agutus 1969 di area peternakan seluas 600 hektar milik Max Yasgur. Festival tersebut didokumentasikan dalam film dokumenter karya Michael Wadleigh pada 1970.

The Bethel Woods Center dibuka pada 2006. Terletak sekitar 90 mil ke arah utara New York City, dibangun dengan tujuan untuk menyajikan lokasi festival bersejarah. CEO Bethel Woods Center, Darlene Fedun, mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi dirinya untuk turut membantu memajukan inisiatif pendidikan dan budaya di museum dan hal-hal di sekitarnya yang melestarikan, “semangat tahun enam puluhan.”

Festival Woodstock itu sendiri dikunjungi sedikitnya setengah juta orang. Melibatkan sejumlah musisi lintas genre, antara lain Santana, Joan Baez, Grateful Dead, Janis Joplinn, The Who, Jefferson Airplane hingga Crosby, Stills, Nash & Young.

Salah satu penampilan yang paling dikenang adalah ketika Jimi Hendrix bersama band pengiringnya Gypsy Sun and Rainbows memainkan lagu kebangsaan “The Star-Spangled Banner” versinya sendiri menggunakan gitar elektrik.

Jimi Hendrix saat tampil di Woodstock 1969

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *