5 Tips Merancang Desain Interior Studio Musik Di Rumah

Tak banyak, tapi bagi sebagian orang memiliki studio musik di rumah adalah sebuah kebangaan tersendiri. Dimana dari sana, kita dapat menyalurkan hobi bermusik kita, menghibur diri kala jenuh dan juga menghasilkan punci-pundi rupiah. Sayangnya, tak semua orang yang punya impian membangun studio musik di rumah tahu betul bagaimana cara merancang studi musik yang baik.

Desain Interior Studio Musik Di Rumah

Terutama soal desain interio studi musik di rumah. Desain interior sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah studio, tentu hal ini akan berujung pada tingkat kreatifitas bermusik. Apa saja yang harus dipenuhi?

  1. Soal Ketersediaan Ruang

Pertama anda harus melihat terlebih dahulu ketersedian ruang dalam rumah anda. apakah masih ada ruang kosong yang bisa anda manfaatkan untuk membuat studio musik ataukah tidak.

Biasanya ini tak lepas dari tujuan awal ketika anda membangun rumah. kalau di awal pembangunan sudah anda rencanakan studio musik, pasti ada ruang yang tersedia. kalau tidak ada gunakan anda bisa menyatukan fungsi ruang sebagai jalan alternatif.

Anda bisa menggunakan ruang bawah rumah. Semisal ruang basemant atau yang dekat dengan carport. Pilihan kedua ruangan ini sangat tepat mempertimbangkan kedua ruangan tersebut sangat mudah untuk dijadikan ruang kedap suara. Ukuran yang dibutuhkan juga tidak terlalu luas, cukup 4×5 meter persegi saja.

Dengan luas segitu, anda sudah bisa mengatur desain interior di dalamnya dengan tepat dan rapi. Anda bisa meletakkan gitar, mikrofon drum, dan lain-lain. tapi kalau and apunya ruang yang lebih luas, tentu akan lebih baik. Bahkan dengan ruang yang lebih luas, anda bisa meletakkan berbagai aksesoris studio rekaman dan juga kursi santai. Toh kenyamanan adalah hal utama dalam desain interior.

  1. Ketinggian Plafon

Kalau sudah ditentukan ruanganya, saatnya anda beralih ke plafon. Plafon untuk studio musik harus memiliki ukuran ketinggian tertentu, sebab plafon menentukan kesa luas tidaknya studi musik di rumah.

Misalnya, jika ruangan anda adalah 4×5 meter persegi, maka minimal anda harus membangun plafon setinggi kurang lebih 2, 6 meter. Terlalu rendah akan menyebabkan ruangan terlihat sempit, terlalu tinggi juga tidak bagus. Sebab plafon yang terlalu tinggi akan menyebabkan bunyi atau suara yang dihasilkan terdengar kurang sempurna. Hal ini karena gelombang suara semakin besar.

  1. Pemasangan Rockwool

Rockwool (peredam suara) wajib hukumnya anda pasang di studio musik rumah anda. kalau tidak anda bisa mengundang kemarahan banyak orang karena kebisingan yang anda buat. Rockwool biasanya dipasang di di plafon, lantai, dan juga partisi dinding studio, gunakanya untuk meredam suara.

Untuk hasil yang lebih optimal, lapisi Rockwool dengan kain pada bagian luar. Ventilasi dalam ruang studio harus anda batasi. Nah, untuk menambah optimal desain interior kantor, anda bisa menambahkan ornamen wallpaper dinding. Hal ini untuk menambah semangat bermusik anda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *