Dhani dan Fadli Zon Kolaborasi Ciptakan Lagu tentang Ahok Berjudul ‘Sang Penista’

Wakil ketua DPR Fadli Zon dan musisi Ahmad Dhani berkolaborasi membuat sebuah bertema politik. Lagu yang dinyanyikan langsung oleh Dhani tersebut berjudul ‘Sang Penista’. Syair ditulis oleh Fadli, sementara musik diaransemen oleh Dhani.

Kepada BBC Indonesia, Fadli menuturkan tujuan dari pembuatan lagu tersebut. Yakni sebagai “edukasi kepada masyarakat Jakarta” menjelang pemilihan Gubernur DKI.

Fadli Zon mengungkapkan, lagu syair dari lagu tersebut ia tulis pada awal Februari lalu sebagai ungkapan terhadap situasi Jakarta kini.

“Tujuannya adalah sebagai ekspresi terhadap keadaan, bagaimana kekacauan dimulai oleh sang penista…merobek kerukunan agama, mengkhianati Pancasila, merobek kebhinekaan,” kata Fadli.

“Edukasi kepada masyarakat Jakarta terkait sumber masalah,” tambahnya menerangkan tujuan dari sajak dan lagu yang dirilis Senin (17/04).

Menjawab pertanyaan mengapa Dhani menggunakan keris di video lagu tersebut, Fadli Zon mengatakan “hanya ilustrasi” yang menunjukkan “pusaka Indonesia”. Kebetulan Fadli juga penggemar berat keris.

Ahmad Dhani dan Fadli Zon dalam jumpa pers rilis lagu ‘Sang Penista’ di Jakarta, Senin (17/04).

‘Tanggapan Timses Ahok-Djarot’

Tim sukses pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok – Djarot Saiful Hidayat, Raja Juli Antony mengatakan, dirilisnya lagu ini tak akan berimplikasi apa-apa menjelang Pilkada.

“Saya rasa ini tak akan memiliki dampak apa-apa, Fadli Zon, bukan seorang politisi berpengaruh di Indonesia, dia banyak melakukan blunder politik, dan dia tidak menunjukkan performa yang baik, sehingga apa yang dilakukan tak ada pengaruhnya,” kata Raja Juli.

“Penyanyinya pun Ahmad Dhani, penyanyi yang tak terlalu tenar…dia juga membuat lagu provokatif saat Pilpres 2014. Kita lihat reaksi publik, tapi menurut saya, tak berpengaruh apa-apa lagu ini,” tambahnya.

Cuitan Fadli Zon terkait lagu berjudul Sang Penista

Sebagaimana diketahui, pada pemilihan presiden 2014 lalu Ahmad Dhani juga menciptakan lagu untuk capres yang didukungnya, Prabowo Subianto. Namun lagu tersebut buru-buru ditarik dari peredaran sebab menjipak lagu the Queen, We Will Rock You. Yang memicu kontroversial lagi adalah Dhani mengenakan pakaian Nazi dalam video klip lagu tersebut.

Tanggapan Netizen

Pro dan kontra mewarnai lagu ‘Sang Penista’ ini.

Akun Twitter Junet Kaswoto‏, @JunetKas, misalnya. Ia memuji karya kolaborasi ini dengan menuliskan: “bagus juga ini”.

Ada juga pujian dari Lukman Hakim lewat akun Twitter-nya,‏ @kirklukmano, “ini baru keren.”

Namun tidak sedikit juga yang mengkritik. Salah satunya akun @adikolob1 yang menulis: “Zonk sang penghancur kebinekaan dan persatuan.” Juga dari akun @Nuri_MohdNur yang mengatakan, “oh lord wakil ketua DPR RI attitude mu gak patut di contoh.”

Ahmad Dhani bersama Fadli Zon di studio rekaman.
Ahmad Dhani bersama Fadli Zon di studio rekaman.

Simak langsung lagu Sang Penista dalam video berikut:

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *