[Jarang Diekspos] Perjalanan Penuh Liku Mike Mohede Hingga Menjadi Bintang

Jurnalmusik.com – Tidak bisa dipungkiri, Nama Mike Mohede melejit berkat Ajang Indonesian Idol 2005. Ajang pencarian bakat yang sangat populer di Indonesia itu mungkin menjadi batu loncatan sempurna untuk Mike. Namun sesungguhnya, Mike mendapat gemblengan sebagai musisi jauh sebelum itu.

Dunia musik dan hiburan bukanlah hal yang asing bagi pemilik nama lengkap Michael Prabawa Mohede ini. Mike tak lain adalah sepupu dari Frans Mohede, yang lebih populer dengan nama Frans Lingua. Sebelum namanya dikenal, Mike sendiri kerap tampil di gereja untuk membawakan lagu-lagu rohani.

Hal inilah yang kemudian disadari sang ayah, Arthur Mohede. Almarhum ayah Mike pun memberikan dukungan dan dorongan pada sang putra untuk meniti karir di dunia musik. Dalam pengakuannya, Mike juga mengungkapkan bahwa bakat musik dalam dirinya memang diwariskan dari mendiang ayahnya.

Setelah kesuksesan ajang Indonesian Idol musim pertama, pria kelahiran 7 November 1983 ini akhirnya mengikuti audisi musim kedua di Jakarta. Saingan Mike saat itu jumlahnya ribuan. Dia sendiri tercatat sebagai peserta nomor 30.762.

Mike Mohede
Mike Mohede saat mengikuti audisi Indonesia Idol

Namun rasa lelah sama sekali tidak dirasakannya, dan dengan penuh percaya diri menampilkan kemampuan terbaiknya. Adapun juri yang saat itu menyaksikan penampilannya adalah Indra Lesmara, Titi DJ, dan Yovie Widianto.

Kemampuan Mike Mohede pun ternyata mendapat pengakuan. Dia pun diloloskan dan berhak mengikuti babak selanjutnya. Tahap demi tahap pun dilalui oleh Mike dengan baik, sehingga dia berhasil melenggang hingga babak final.

“Waktu aku kecil, aku sering ngedengerin papa nyanyi sambil mainin ukulele. Suara papa memang bagus, dari kecil aku udah diajarin nyanyi sama papa. Papa dan mama selalu mendukung apapun yang aku lakukan soal musik,” demikian kalimat yang pernah diungkapkan Mike saat diwawancarai Kingdom Magazine pada tahun 2011.

Sering melihat sang ayah beraksi dengan alat musik, Mike pun mulai memberanikan diri untuk eksis. Dia sering menjadi penyanyi lagu-lagu rohani di gereja. Mendapat dukungan dari keluarga, dia pun semakin percaya diri menunjukkan kemampuannya bermusik.

“Dulu sebelum jadi penyanyi, aku pernah jadi drummer. Dan saat mulai alih profesi jadi penyanyi, aku udah lumayan sering tampil di kafe-kafe. Sebelum mengikuti audisi Indonesian Idol, mamalah yang dengan semangat mencarikan formulir pendaftaran untukku,” lanjutnya.

Meski demikian, sebagaimana diungkapkan Frans Mohede, lebih dikenal sebagai Frans Lingua, Mike sendiri sebenarnya adalah sosok yang pemalu. Hal ini diungkapkan Frans lewat sebuah curhatan di Facebook, tak lama setelah berita kematian Mike tersebar pada Minggu (31/7/2016).

“Sebagai sepupu, yang Gue tau Lo sangat pemalu di balik talenta dahsyat yang sudah Tuhan kasih buat Elo. Lo paling susah kalau disuruh nyanyi di depan keluarga sekalipun. Sampai begitu semangatnya gue sama Mara dukung Elo hari demi hari saat Elo ikut Idol (Indonesia Idol, red),” demikian petikan curhatan Frans, yang tak lain adalah sepupu Mike.

Namun dukungan dari orang-orang terdekat nyatanya membuahkan hasil yang tak mengecewakan. Mike Mohede berhasil memikat Titi DJ, Indra Lesmana, dan Yovie Widianto yang saat itu menjadi juri audisi Indonesian Idol di Jakarta. Babak demi babak pun ditaklukkannya dan membuktikan seberapa besar kualitas dirinya.

Mike Mohede
Mike Mohede

Lolosnya Mike Mohede di audisi Indonesian Idol pada tahun 2005 memang memberikan kesempatan luar biasa untuk Mike Mohede. Babak demi babak berhasil ditaklukkan, show demi show dijalani, dan posisinya hampir selalu aman. Pujian dan tepuk tangan selalu diterima oleh pria asal Jakarta ini.

Sempat dua kali masuk posisi terbawah, nyatanya Mike berhasil menunjukkan prestasi luar biasa hingga akhir. Di grand final Indonesian Idol musim kedua, dia berhasil mengalahkan Judika, dan resmi menjadi jawara ajang tersebut. Gegap gempita pun langsung mewarnai kemenangan Mike saat itu.

mike

Tak perlu waktu lama, tahun itu juga mengeluarkan album yang bertajuk sesuai namanya, Mike. Salah satu tembang andalannya adalah Semua untuk Cinta. Selain itu, dia juga terlibat dalam album kompilasi yang bertajuk Seri Cinta.

Tahun-tahun berikutnya, Mike tak kalah sibuk. Indonesian Idol akan mengirimkan delegasi terbaiknya untuk mengikuti Asian Idol. Acara Choose Your Idol pun digelar untuk menentukan siapa yang berhak ikut.

Sekali lagi, Mike berhasil menunjukkan kualitasnya. Dia mengalahkan Delon, Ihsan, dan Rini di ajang tersebut dan mewakili Indonesia untuk bersaing dengan penyanyi seantero Asia. Sayangnya, dia gagal di Asian Idol dan harus menyerah kalah dari wakil Singapura, Hady Mirza. Padahal, penampilan Mike sempat menuai pujian dan menjadi favorit para juri.

Frans Mohede
Frans Mohede (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Meski demikian, Mike tidak berhenti eksis. Terbukti, pada tahun 2010 dia kembali mengeluarkan album bertajuk Kemenanganku. Album ketiga pun menyusul lima tahun kemudian, dan diberi judul Kedua. Walau albumnya tidak sebanyak Judika, nyatanya Mike Mohede terbilang sering mengisi berbagai konser dan acara off-air.

Baca: Gisell Kenang Mike: Kaget, Sedih, Merinding, Gak Percaya

Mike Mohede sendiri sebelumnya tidak pernah mengeluh sakit, atau diketahui memiliki riwayat penyakit. Namun pada tanggal 31 Juli 2016, dia dinyatakan meninggal dunia akibat penyakit jantung. Bahkan di akhir hidupnya, pria kelahiran 7 November 1983 ini masih punya jadwal manggung yang belum terlaksana. Karirnya di dunia mungkin kini terhenti, namun karyanya akan tetap abadi di benak penggemar dan orang dekat.

mike

[btn url=”http://mp3.jurnalmusik.com/search/mike-mohede” text_color=”#ffffff” bg_color=”#1e73be” icon=”fa fa-play” icon_position=”start” size=”18″ id=”” target=”on”]Download lagu-lagu Mike Mohede[/btn]

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *