Para Penerka, Lagu Kolaborasi Iwan Fals, Ariel ‘Noah’ dan Ryan ‘D Masiv’ untuk Haters

Tiga musisi papan atas Indonesia Iwan Fals, Ariel ‘NOAH’ dan Ryan ‘D’Masiv’ merilis album kolaborasi bertajuk SATU. Salah satu lagu yang ada di dalamnya berjudul Para Penerka, yang kesannya ditujukan untuk para haters.

Ternyata, Iwan Fals mengungkapkan jika hal tersebut benar adanya. Meski demikian, musisi senior tersebut menekankan kalau karyanya bukan untuk menebarkan kebencian.

“Para Penerka ya sejenis haters. Ya apapun yang kita lakukan adalah berkarya, bukan untuk membenci satu sama lain. Zaman sekarang kan mudah sekali mendjolimi, saya pernah pengalaman, Ariel juga punya pengalaman,” ungkap Iwan Fals saat jumpa pers album SATU di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta, Rabu (11/5).

‘Satu’, album kolaborasi dengan kelebihan masing-masing

Album bertajuk ‘Satu’ meluncur di bawah naungan Musica Studios.

Iwan mengatakan bahwa grup band yang berkolaborasi dengannya punya kelebihan masing-masing. Meski lebih senior, Iwan butuh waktu lama untuk menemukan ‘reaksi kimia’ antara mereka.

“Kita buat sesuatu, saya pemusik ya tentu saya membuat musik,” kata Iwan.

Iwan Fals, Ariel 'NOAH' dan Ryan 'D'Masiv' di peluncuran album Satu (Foto: Kapanlagi)
Ryan ‘D’Masiv’, Iwan Fals dan Ariel ‘NOAH’ di peluncuran album Satu (Foto: KapanLagi.com/Bambang E Ros)

Ariel, personel NOAH, menambahkan jika dirinya senang dan bangga bisa berkolaborasi dengan sang legenda hidup. Ariel mengaku saat masih SMP sudah menyanyikan lagu Kemesraan milik Iwan.

“Tapi sekarang ada kesempatan nyanyi bareng. Kedua, kita beda generasi di industri, ada cara kerja yang berbeda. Generasi kita udah campuran industri bangat, beda sama Bang Iwan yang masih natural. Ketiga, kita jadi sistematis kerjanya, kalau bang Iwan langsung menyelesaikan kerjaan,” kata Ariel.

Sementara Ryan d’Masiv juga tak bisa menyembunyikan rasa senang dan bangganya saat diberi kesempatan berkolaborasi dengan Iwan Fals. Ryan pun mengungkapkan seluruh perasaannya itu.

“Ini menjadi bagian sejarah D’Masiv. Saya pencinta lagu-lagu bang Iwan, aku punya semua album Bang Iwan. Ini jadi energi bagi kita, semangat bekerja dengan idolanya D’Masiv. Senang bukan main pokoknya kerjasama dengan bang Iwan Fals. Aku garap dua lagu untuk project ini,” tutur Ryan.

Dalam album itu terdapat 10 lagu yang terdiri dari lima lagu lama dan lima lagu baru. Empat lagu lama yang pernah dipopulerkan oleh Iwan dibawakan lagi oleh keempat band, empat lagu baru dinyanyikan oleh Iwan ft. band, satu lagu lama milik Iwan dinyanyikan oleh semua band, dan satu lagu baru dinyanyikan Iwan ft. band.

Berikut 10 lagu yang mengisi album Satu:

1.Yang Terlupakan – Noah
2.Pesawat Tempur – Nidji
3.Izinkan Aku Menyayangimu – Geisha
4.Entah – d’Masiv
5.Para Penerka – Iwan Fals ft. Noah
6.Tak Seimbang – Iwan Fals ft. Geisha
7.Satu-satunya – Iwan Fals ft. d’Masiv
8.Hidup yang Hebat – Iwan Fals ft. Nidji
9.Kemesraan – Kolaborasi semua artis
10.Abadi – Kolaborasi semua artis

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *