Konser “The Story Maker” di Sabuga Bandung Dibatalkan Secara Sepihak, Ratusan Calon Penonton Bingung

Jurnalmusik.com – Ratusan penonton konser musik bertajuk The Story Maker yang sedianya digelar di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Bandung terpaksa harus gigit jari. Pasalnya, konser yang rencananya menghadirkan sejumlah musisi seperti Kla Project, Sandhy Sondoro, Budi Doremi, T-Five, malam ini, Jumat (27/5/2016) batal digelar.

Tidak ada pemberitahuan sama sekali sebelumnya dari pihak panitia kepada calon penonton yang sudah membeli tiket.

Salahsatu penonton yang mengungkapkan kekecewaannya adalah Rana Akbari Fitriawan (43). Ia mengaku sudah membeli tiket kelas festival seharga Rp 250 ribu. Dikabarkan tiket kelas 1 Rp 750 ribu dan VIP Rp 1 juta.

“Saya bareng istri mau nonton, jadi beli dua tiket. Niatnya mau nonton Kla Project. Di jadwal Kla tampil pukul 22.00 WIB. Sebelumnya Sandhy Sondoro pukul 21.00 WIB, dan artis lainnya dari sore. Saya tadi datang pukul 20.00 WIB,” ujarnya.

Ia mengaku keanehan sudah mulai terlihat sejak memasuki pintu gerbang Sabuga. Banner yang terpasang di pintu gerbang dan sepanjang pinggir jalan menuju gedung pertunjukan sedang dicabuti. Belasan polisi yang menggunakan sepeda motor juga meninggalkan kawasan Sabuga.

“Area parkir juga sepi, hanya sekitar 20 mobil yang terparkir. Saya sungguh kaget. Sampai berkali-kali mencocokkan jadwal konser, takutnya saya salah lihat,” jelasnya.

Saat memasuki area gedung pertunjukan, panggung dan sound system sedang dibongkar dan diangkut. Terlihat dua dus berisi tumpukan tiket yang belum disobek dekat pintu masuk.

“Saya bertemu dengan puluhan penonton lainnya yang juga kebingungan. Mereka banyak yang dari luar kota. Tadi ada yang dari Probolinggo juga Jakarta,” katanya.

Menurut Rana, hingga ia meninggalkan Sabuga sekitar pukul 21.00 WIB, tidak ada perwakilan EO yang menemuinya. “Kita semua bingung, ini batal kenapa? Kok enggak ada pemberitahuan dari panitia. EO nya The Real Art Production,” sesalnya.

Menurut satpam Sabuga yang meminta identitasnya tak disebutkan, ratusan penonton tadi sempat mendatangi Sabuga. “Tapi tadi sudah pada pulang jam 7 malam, tadi ketemu sama panitianya. Katanya enggak jadi, tapi enggak tahu kenapa,” ujar satpam tersebut ditemui detikcom di Sabuga pukul 21.30 WIB.

Dari informasi yang ia peroleh dari pedagang asongan yang kerap berdagang di Sabuga, sejak sore, ratusan penonton sudah datang. Lalu ada informasi konser diundur pukul 18.00 WIB. “Trus diundur lagi pukul 19.00 WIB, namun akhirnya batal,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, tampak sebuah dus kecil berisi tumpukan tiket. Dalam tiket itu tertulis konser mulai digelar pukul 15.30 WIB hingga 23.30 WIB.

Terlihat sejumlah orang mengangkut properti panggung dinaikkan ke sebuah truk. Sementara pintu utama Sabuga sudah tertutup rapat.

Foto: Baban Gandapurnama/detikcom
Foto: Baban Gandapurnama/detikcom

Sementara itu musisi Sandhy Sondoro di akun twitternya meminta maaf dengan batalnya konser malam ini di Sabuga Bandung. “Dear all, untuk teman-teman yang sudah beli tiket malam ini di event The Story Maker Bandung, saya mohon maaf karena batal tampil, karena pihak EO tidak dapat memenuhi kewajibannya,” kicaunya.

DearALL,utk tmn2 yg sdh beli tiket mlm ini di event THE STORY MAKER Bdg,Sy mhn maaf,krn batal tampil krn pihakEO tdk dpt mmenuhi kwajibannya

— Sandhy SonDoro (@SondoroMusic) 27 Mei 2016

story maker

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *