“Kicir-kicir” untuk Pak Ahok

Jurnalmusik.com – Komposisi “Giant Steps” mengalun memenuhi ruangan konser pianis muda Joey Alexander di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2016) malam.

Komposisi gubahan musisi jazz asal AS, John Coltrane, itu dimainkan dengan apik oleh Joey dengan iringan pemain contra bass, Dan Chmielinski, dan drummer, Jeff “Tain” Watts.

Kemudian, melodi berganti. Dari panggung berbentuk melingkar, Joey melanjutkan dengan komposisi gubahannya sendiri, ‘My Favorite Things‘. (Baca: Joey Alexander Siap Bocorkan Album Baru di Konser)

Lagu itu diambil dari album perdananya yang berjudul sama. Permainan Joey secara trio itu mendapat sambutan yang meriah dari ribuan penonton yang hadir.

Di sela penampilan Joey, penikmat musik selalu memberikan tepuk tangan meriah.

“Thank you. Tadi lagu pertama dari album pertama saya “Giants Steps”. Terus yang kedua juga dari album aku ‘My Favorite Things‘,” kata Joey di penghujung lagu.

Joey Alexander Live In Concert yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/5/2016) malam. (Foto: Tribunnews.com/ Regina Kunthi Rosary)
Joey Alexander Live In Concert yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/5/2016) malam. (Foto: Tribunnews.com/ Regina Kunthi Rosary)

Kemudian, setelah menyampaikan rasa gembira dan ucapan terima kasihnya pada penonton, Joey pun sempat menyapa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang hadir bersama keluarga.

Joey mengaku sangat senang tampil di kampung halamannya lagi setelah dua tahun malang melintang di industri musik jazz Amerika Serikat.

“Saya senang banget berada di sini, di Indonesia, untuk kalian. Saya juga berterima kasih untuk semua yang datang di sini. Dan juga Pak Ahok yang hadir di sini. Tentu kepada para penggemar, terima kasih sudah datang,” ujar Joey.

Setelah itu, Joey mengatakan dirinya akan kembali memainkan sebuah lagu.

“Aku setelah ini akan main ballad. Tapi aku nggak mau bilang lagunya. Nanti dengar sendiri. Selamat menikmati,” ucapnya.

Tak lama, terdengar alunan lagu “Over the Rainbow” ciptaan Harold Arlen yang merupakan lagu tema untuk film The Wizard of Oz.

***

Ahok dalam kesempatan itu hadir bersama anak-anak dan istrinya, Veronica Tan.

“Saya bawa anak-anak di sini,” kata Ahok kepada awak media di area konser.

Ahok datang karena mengaku penasaran akan sosok pianis Joey.

“Saya ingin lihat dia aslinya kayak apa sih. Sebelumnya cuma lihat di YouTube, beda kan,” kata Ahok, diseling senyum, ketika ditemui di JIExpo Kemayoran sebelum menonton konser Joey.

Sebagai warga Indonesia, ia turut bangga ada pemusik muda Tanah Air yang mampu berkarier secara internasional hingga diakui dunia.

“Bisa ngimbangin musisi jazz senior. Suatu kebanggaan juga. Berarti Indonesia juga banyak yang punya bakat seperti itu,” ucap Ahok.

Tiba sekitar pukul 19.50 WIB, mantan Bupati Belitung Timur yang mengenakan kemeja biru itu tampak berjalan bersama istri dan kedua anaknya.

Dikawal oleh beberapa ajudan, Ahok beserta keluarga berjalan masuk ke ruang konser. Ia terlihat duduk di deretan kursi paling depan bersama bos JIExpo Kemayoran, Murdaya Po. Di kirinya duduk putra bungsunya, Daud Albeenner, lalu sang istri dan putrinya.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan keluarga menonton konser Joey Alexander di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2016) malam. (Foto: Kompas)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan keluarga menonton konser Joey Alexander di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2016) malam. (Foto: Kompas)

Di pertengahan konser, Najwa Shihab selaku master of ceremony (MC) sempat mempersilakan Ahok naik ke panggung untuk berbincang singkat.

Setelah bersalaman dengan Joey, orang nomor satu di DKI itu pun menjelaskan alasan ia merasa penasaran “Kicir-kicir” dimainkan oleh Joey.

“Saya cuma bayangkan lagu ‘Kicir-kicir’ kalau di-improve sama Joey jadinya kayak apa,” ucap Ahok di panggung konser.

“Saya kan denger masuk nominasi, wah saya musti selametin dan ikut bangga ada orang Indonesia bisa diterima dunia. Dan enggak mudah main sama musisi senior,” tambahnya.

Keinginan itu sudah pernah Ahok ungkapkan sebelumnya lewat akun Twitternya, @basukibtp. “Turut bangga atas prestasi pemuda Indonesia Joey Alexander di grammy award. Penasaran kl lagu kicir-kicir dibawain @_Joeyalexander jd gimana ya”, tulis Ahok.

Joey pun membalas kicauan Ahok dan mengatakan dirinya akan membawakan lagu khas Jakarta tersebut jika konser di Jakarta nanti. “Saya akan memainkannya untuk Anda jika nanti saya ke sana (Jakarta). Terima kasih Pak Ahok @basuki_btp,” tulis Joey dalam akun @_JoeyAlexander.

Najwa Shihab kemudian memastikan kembali apakah Joey akan benar-benar membawakan “Kicir-kicir”.

Yup, for sure,” kata Joey singkat.

Sebelum mempersembahkan lagu Kicir-kicir, Joey terlebih dahulu membawakan lagu Rangkaian Melati. Perpaduan alunan merdu piano Joey, suara Dira yang begitu merdu, dan melodi bass memukau Barry pun menjadi suatu sajian istimewa malam itu.

“Kicir kicir ini lagunya. Lagu lama ya tuan dari Jakarta. Saya menyanyi ya tuan memang sengaja untuk menghibur menghibur hati nan duka,” suara merdu Dira mengalun.

Menyaksikan itu, Ahok tampak menggoyang-goyangkan kepalanya seakan menikmati penampilan ketiganya. Sesekali ia juga terlihat tersenyum.

Penonton semakin terpukau ketika Barry Likumahuwa memainkan bass-nya secara solo. Beberapa detik kemudian, Joey menyambutnya dengan alunan pianonya yang mengalunkan musik “Kicir-kicir”.

“Buah mangga enak rasanya si manalagi ya tuan, paling ternama siapa saja ya tuan, rajin bekerja pasti menjadi menjadi warga berguna,” lantun Dira dengan suara merdunya.

Penampilan mereka ditutup oleh suara bass dan piano yang saling bersahutan dari Joey dan Barry. Tepuk tangan pun membahana ke setiap sudut ruang konser.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *