Joey Alexander Tampil Memukau di Hadapan Presiden Obama

WASHINGTON DC, Jurnalmusik.com – Pianis jazz muda Indonesia Joey Alexander (12) tampil bareng para musisi jazz ternama di hadapan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih, Washington DC, Jumat (29/4/2016).

Pergelaran musik jazz bertajuk International Jazz Day All-Star Global Concert itu digelar di halaman belakang kediaman resmi presiden AS tersebut.

Seperti dilansir dari New York Times, Sabtu (30/4/2016), Joey tampil bersama musisi Wayne Shorter (saksofon) dan Esperanza Spalding (bass). Trio ini membawakan komposisi Shorter bertajuk “Footprints” yang dirilis pada tahun 1966.

New York Times menulis, permainan ketiga musisi itu saling mengisi. Lagu itu mengalun seperti aliran air di sungai kecil.

“Membawa (pendengarnya) ke sebuah pengalaman berbeda dalam waktu empat menit dan menjadi percakapan musik paling murni dalam konser tersebut,” tulis New York Times.

Padahal selisih usia ketiganya sangat mencolok. Shorter telah berusia 82 tahun dan sudah berkarya sejak tahun 1958. Sementara itu Spalding, seorang pemain bas dan celo serta vokalis, berusia 31 tahun.

“Mr Alexander berusia 12 tahun, itu hal pertama yang biasanya diketahui tentang dia. Namun dengan permainannya, orang lupa dengan usianya,” menurut New York Times.

Sebelumnya, sebuah video yang diunggah akun Eric Rosenbaum di Youtube, Kamis (28/4/2016), menunjukkan trio Joey Alexander, Esperanza Spalding, dan Wayne Shorter, tampil di salah satu ruangan di Gedung Putih.

“At the White House, warming up with Footprints,” tulis Rosenbaum sebagai keterangan video berjudul “Wayne Shorter, Esperanza Spalding, Joey Alexander” itu.

Dalam video berdurasi 47 detik itu tampak ketiga musisi jazz itu bermain ditonton beberapa orang. Wayne Shorter memainkan saksofonnya sambil duduk, sementara Spalding membetot basnya.

Tubuh mungil Joey tertutup grand piano. Hanya terdengar denting piano yang dimainkannya bersahutan dengan nada-nada yang dihasilkan dua musisi senior itu.

Joey juga sempat berbagi kabar melalui akun Twitter-nya. Ia mengunggah foto bersama musisi Chick Corea, yang juga tampil di Gedung Putih, dalam perjalanan menuju Gedung Putih.

“On the bus with one of my heroes @ChickCorea on route to the White House #internationaljazz day,” tulis Joey.

On the bus with one of my heroes @ChickCorea en route to the White House #internationaljazzday pic.twitter.com/TAt50f58qr

— Joey Alexander (@_JoeyAlexander) April 30, 2016

Dengan aktor Morgan Freeman sebagai pembawa acara, All-Star Global Concert digelar untuk merayakan International Jazz Day yang jatuh pada tanggal 29 April.

Acara yang digelar oleh UNESCO itu digelar di kota berbeda setiap tahun. Pada tahun 2015, Paris yang menjadi rumah, setelah sebelumnya Osaka, Jepang, yang dipilih.

Dalam sambutannya, Obama menyatakan, tahun ini musik jazz kembali ke tanah kelahirannya, Amerika.

“Malam ini saya mengundang semua musisi jazz favorit saya untuk tampil di halaman belakang White House, salah satu keuntungan menjadi presiden,

Musisi dan vokalis papan atas yang tampil dalam kesempatan itu di antaranya Herbie Hancock, James Morrison, Bobby Watson, Aretha Franklin, Al Jarreau, Jamie Cullum, Chick Corea, Pat Metheny, Marcus Miller, Sting, dan Buddy Guy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *