Joey Alexander Siap Bocorkan Album Baru di Konser

Setelah lama bermukim di Negeri Paman Sam, akhirnya pada Senin (16/5) lalu, Joey Alexander pulang kampung. Sang pianis muda hadir untuk menggelar Joey Alexander Live in Concert di JiExpo Kemayoran, Jakarta, pada Minggu (22/5).

Dalam konsernya nanti, penonton tidak hanya disuguhi penampilan solo dari Joey. Ia juga akan tampil secara trio bersama penabuh drum Jeff “Tain” Watts dan pembetot kontra bass Dan Chmielinski. Keduanya sama-sama musisi “berbahaya.”

Jeff “mengoleksi” enam penghargaan Grammy plus 15 nominasi. Sementara Dan alias Chimy sekalipun masih muda, 21 tahun, sudah memiliki “jam terbang” tinggi, antara lain sebagai pengajar program jazz di Lincoln Center dan Juilliard School.

Lagu-lagu yang akan dibawakan oleh Joey Alexander Trio di konsernya nanti termasuk karya terbaru. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Joey saat jumpa awak media massa di Jakarta, pada Kamis (19/5), “Mostly akan main dari lagu di album ke-dua.”

Setelah merilis album musik perdana, My Favorite Things, Joey merekam album musik ke-dua yang bakal dirilis pada September 2016 mendatang. Beruntung, para penonton Joey Alexander Live in Concert bisa menyimaknya terlebih dahulu.

Di kesempatan yang sama, Jeff alias Tain mengaku senang bisa berkolaborasi dengan Joey. Ia menganggap Joey sebagai musisi muda yang sangat berbakat. Ia memuji permainan piano Joey yang sangat natural sekaligus sarat improvisasi.

“Sangat senang bisa bermain bersamanya [Joey]. Saya sudah mendengarnya bermain dengan beragam teknik dan dia selalu bisa memainkan semua itu,” kata musisi 56 tahun yang memiliki puluhan karya ini, baik sebagai pemandu maupun pemain.

Tidak hanya itu saja, Jeff juga memuji kedewasaan Joey. Saat berkolaborasi, ia mampu memahami apa yang diinginkan oleh musisi lain yang lebih senior. Padahal musisi kelahiran Denpasar, Bali, pada 2003, ini terhitung masih sangat belia.

“Joey juga mampu menjadi pemandu saat berkolaborasi. Ia bisa mengomunikasikan segalanya dengan baik. Apa yang dia lakukan hanyalah bermain dengan berani dan jujur,” Jeff menambahkan. Pujian senada juga dilontarkan Dan alias Chimy.

“Sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa tampil dan berkolaborasi di album Joey. Dia sangat unik, bahkan lebih dari sekadar unik. Dia lebih baik daripada teman-teman seusia saya,” kata Chimy yang tersanjung menjadi bagian Joey Alexander Trio.

Joey memang fenomenal. Di usia belia, ia mampu menampilkan permainan piano “tingkat dewa.” Namanya makin berkibar setelah meraih dua nominasi Grammy Awards 2016 kategori Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo.

Dua hari menjelang konser tunggal Joey Alexander di JIExpo Kemayoran, Jakarta, sembilan pianis muda menggelar konser “pemanasan” bertajuk Jazz Gathering—Road to Joey Alexander Live in Concert.

Berlokasi di Soehana Hall, The Energy Building SCBD, Jakarta, konser “pemanasan” yang menampilkan kesembilan pianis dalam aksi solo, duet, maupun trio ini digelar pada Kamis (19/5) atas inisiatif iCanStudioLive dan Mahana Live Interact.

Barry Likumahuwa selaku music director konser kali ini berujar, “Saya dan Sri Hanuraga pengin supaya enggak hanya menengahkan Joey aja, tapi ada yang lainnya juga.” Sri, yang dimaksud Barry, tak lain pianis muda kelahiran Jakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *