Candil Luncurkan Album Solo Perdana Bertajuk ‘Rockalisasi’

Jurnalmusik.com – Vokalis rock asal Bandung, Candil, telah merilis album solo perdananya, “Rockalisasi,” pada Rabu (27/4) petang kemarin di Jakarta. Album solo perdana yang sempat tertunda lama sejak ia hengkang dari grup Seurieus itu meluncur di bawah naungan label rekaman Greenland Indonesia.

Ditemui Rolling Stone saat jumpa pers di kawasan Blok M, Jakarta, Candil mengungkapkan karakter dan tema yang diangkat dalam albumnya ini.

“Rockalisasi itu bermakna sebagai suatu media atau tempat terjadinya interaksi rock and roll, yang di mana suatu lengkingan disambut dengan sukacita. Intinya (Rockalisasi) merupakan sebuah tempat untuk melepaskan hasrat rock and roll yang kita punya,” kata Candil. “Jadi, yang punya jiwa rock and roll, tempatnya itu di sini (rockalisasi). Lo mau tahu tentang rock and roll ya di sini,” tambahnya.

“Setelah saya perhatikan, ternyata yang paling terasa dari album ini yaitu unsur J-rock, rock Jepang. Dan memang ada salah satu lagu yang terpengaruhi dari anime. Tapi, anime yang dari jamannya saya. Dengan influence yang seperti itu, saya padukan dengan yang jaman sekarang,” jelasnya.

candillIa menganggap album perdananya ini terasa sungguh berbeda dengan apa yang ia ciptakan bersama Seurieus dahulu. “Secara spirit-nya jelas beda. Kalau di Seurieus itu udah serius, di sini saya ingin bisa lebih banyak bermain,” ucapnya sambil tertawa.

Total delapan lagu yang terdapat dalam album Rockalisasi ini diakui oleh Candil merupakan gabungan sejumlah lagu yang pernah ia ciptakan terdahulu, serta lagu-lagu yang ia garap bersama rekan-rekan barunya. “Bahan mentah banyak banget. Akhirnya kami pilih-pilih, sekitar empat lagu kami bikin sendiri dan empat lagi dari bahan yang mentah itu,” ujar pria bernama lengkap Dian Dipa Chandra.

Pihak Greenland Indonesia pun tertarik dan memiliki alasan tersendiri untuk mendukung proses produksi dari album ini. “Kami melihat sosok Candil ini merupakan seorang tokoh. Dia seorang entertainer dan seniman. Tidak hanya di sisi rock, tapi Candil ini dapat masuk wilayah mana saja,” demikian menurut perwakilan Greenland Indonesia.

Sepeninggalnya dari band Seurius, Candil sempat merilis single pada 2014 yang berujudul “Gadis Korea”. Selain tetap aktif dalam dunia musik, ia pun tak jarang memperlihatkan bakatnya di dunia layar lebar. Sudah ada beberapa film yang ia lakoni, termasuk di antaranya The Tarix Jabrix, Selendang Rocker, Laskar Pemimpi, dan Comic 8.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *