Jazz Gunung: Ketika Musik Berpadu Dengan Alam

Jazz Gunung

Menikmati jazz di tempat terbuka, tentu sudah biasa. Namun bagaimana kalau menikmati denting-denting syahdu jazz dengan dikelilingi pepohonan rimbun hutan, udara yang sejuk dan panorama pegunungan?

Jazz Gunung. Ya, sebuah perhelatan jazz tidak biasa yg mengambil dataran tinggi kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Jawa Timur, sebagai panggung. Berada di pentas musik di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, event ini akan digelar selama dua hari, yakni 21-22 Juni 2013.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat kembali mendukung pelaksanaan Jazz Gunung 2013. Dukungan ini merupakan salah satu bentuk implementasi program Bakti BCA dalam upaya mendorong perkembangan seni, budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif di Tanah Air,” kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja?, saat jumpa pers perhelatan musik jazz unik bertaraf internasional di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2013).

Di tempat yang sama, turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Dia menuturkan, tahun ini adalah pertama kalinya pihaknya mendukung Jazz Gunung, di mana didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai program pariwisata nasional yang akan mendongkrak potensi wisata di Jawa Timur.

“Kegiatan ini dinilai selaras dengan tujuan dari penyelenggaraan event ini. Selain bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik jazz, Jazz Gunung juga mengusung misi utama meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata di daerah Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru, pada khususnya, dan wilayah Jawa Timur pada umumnya. Dan Ini pertama kalinya kami mendukung pagelaran Jazz Gunung ini,” kata Mari Elka.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas), Sigit Pramono salah satu penggagas Jazz Gunung untuk kesekian kalinya ikut mendukung event tahunan ini, yang diyakini bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Gunung Bromo.

“Kita ingin ketika orang datang ke Bromo tidak hanya menikmati matahari terbit, dengan Jazz Gunung, orang yang ke Bromo juga akan menikmati pertunjukan jazz yang berskala nasional,” kata Sigit.

Jazz Gunung juga akan menampilkan Cantrek, Blambangan Art School Banyuwangi, Sierra Soetedjo, Balawan and Batuan Ethnic Fusion, Bandanaira Duo, dan Yovie Widianto Fusion.

Sementara itu, hari kedua dimeriahkan Tahez Komez, Kelompok Musik Etnik Kramat Madura, Kulkul Band, Ring of Fire Project featuring Djaduk Ferianto, Idang Rasjidi and Jen Shyu, Rieka Roslan, dan Barry Likumahuwa Project.

Berikut harga tiket Jazz Gunung 2013:

VIP A/B (berlaku untuk 1 orang):

21 Juni 2013                     Rp 350.000

22 Juni 2013                     Rp 350.000

21 – 22 Juni 2013             Rp 500.000

Festival (berlaku untuk 1 orang):

21 Juni 2013                      Rp 250.000

22 Juni 2013                      Rp 250.000

21 – 22 Juni 2013              Rp 400.000

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *