Red Hot Chili Peppers: Rock Telah Mati!

Jurnalmusik.com – Bassist Red Hot Chili Peppers, Flea sempat melontarkan pernyataan yang menohok dalam sebuah wawancara radio.

Ia menganggap musik rock sudah mati. Menurut dia, genre musik tersebut terakhir berjaya di era 90an.

“Musik rock telah mati dalam banyak hal,” ucapnya.

“Saya cuma bisa ingat saat kami bermain dengan Pearl Jam dan Smashing Pumpkins. Momen itu yang paling baik untuk musik rock,” kata Flea dikutip dari laman The Guardian, Rabu (25/5/2016).

Lalu, Flea mencontohkan masa mudanya yang terobsesi menjadi bintang rock, “(Semua orang bilang) Anda gila dan Anda tidak akan pernah mendapat pekerjaan (karena gaya hidup seperti bintang rock).”

“Tetapi saat ini ketika Anda memutuskan membentuk band rock, orang-orang akan bilang, ‘Keren, ayo cari konsultan pencitraan, pengacara, dan manajer. Lalu kita lihat apa yang bisa kita dapatkan dari situ.’ Uang yang banyak akan membuka kesempatan bagi mereka yang baru memulai (karier bermusik),” lanjutnya.

Flea yang tumbuh di era 1980-an memang mengalami fase bergulat dengan musik dan merintis grup Red Hot Chili Peppers dari bawah hingga akhirnya menjadi salah satu grup funk-rock terbesar pada saat ini.

Flea
Sang bassist, Flea

Dan sebagai bentuk kesetiaannya di jalur musik rock, RHCP segera merilis album terbaru, album ke-11 mereka bertajuk The Gateway, pada 10 Juni mendatang.

Namun, di tengah persiapan promo materi baru mereka, sang vokalis Anthony Kiedis justru jatuh sakit.

“Saya pikir saya memang harus sakit agar saya bisa melihat diri sendiri dan mengetahui kondisi kesehatan saya secara keseluruhan. Sangat menyakitkan dan menyedihkan membatalkan konser, kami sangat tidak menginginkan itu. Saya lebih memilih tampil meski sakit daripada tidak manggung, tetapi dalam kasus ini saya mulai benar-benar jatuh,” kata Kiedis, seperti dilansir dari Music News, Rabu (25/5/2016).

dfsfs
Anthony Kiedis

Kiedis lantas menjelaskan bahwa dirinya cukup aktif berolahraga selancar, tetapi saat ini tubuhnya seperti tidak bisa diajak kompromi lagi dan dirinya tidak sebugar dulu.

Kiedis dirawat di rumah sakit setelah mengalami rasa sakit yang hebat di bagian perutnya, saat hendak tampil di KROQ Weenie Roast, di California, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5). Kiedis langsung dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans dari venue, yaitu di Irvine Meadows Amphiteatre, Los Angeles.

Dari atas panggung di hadapan amphiteater berkapasitas 16.000 orang, sang bassist, Flea, mengumumkan bahwa Anthony Kiedis dibawa ke rumah sakit dan mereka sedih tak bisa melanjutkan konser.

Red Hot Chili Peppers juga terpaksa membatalkan penampilannya di iHeart Radio Theatre, California pada 17 Mei.

Kemudian RHCP mengeluarkan pernyataan melalui situsnya mengenai peristiwa tersebut. “Dikarenakan Anthony Kiedis dirawat di rumah sakit akibat komplikasi dari flu pencernaan pada Sabtu malam, Red Hot Chili Peppers dengan sangat menyesal harus menunda konser mereka mendatang untuk iHeart Radio pada 17 Mei. Mereka ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas ucapan dan harapan yang baik. Anthony diharapkan bisa pulih dengan segera.”

Album Getaway

Album studio terbaru RHCP bertajuk The Getaway rencananya dirilis pada 10 Juni mendatang. Dua single dalam album tersebut telah beredar di YouTube, masing-masing berjudul “Dark Necessities”dan “The Getaway”.

Lagu Getaway yang berdurasi empat menit sepuluh detik tersebut telah dirilis melalui akun YouTube mereka 26 Mei 2016 kemarin.

Album The Getaway akan menampilkan total tiga belas lagu terbaru RHCP dan akan dirilis dalam tiga format; piringan hitam, CD, juga kaset.

Rilisan fisik RHCP akan tersedia secara terbatas, hanya 5.000 kopi untuk seluruh dunia.

The Getaway yang merupakan album studio kesebelas RHCP menjadi tindak lanjut dari album sebelumnya yang dirilis pada 2011, I’m With You. Danger Mouse terlibat pula dalam album ini, menjadi produser bersama dengan produser Radiohead, Nigel Godrich yang bertugas melakukan mixing.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *