$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0$source=random-posts

Spirit of Bubi

Beberapa bulan sebelum meninggal, ia masih mampu melempar senyum ramah dan hangat khasnya kepada para penggemar. Tidak tersirat penyesalan sedikit pun dari wajahnya, meski ia baru saja menjalani amputasi kaki yang ke dua kalinya di rumah sakit di Semarang.

Amputasi yang pertama dilakukan pada tahun 2010, pergelangan kaki kanannya mesti dipotong karena diabetes. Yang biasanya ia lincah menyambut para penonton, tidak kali itu. Setelah dibantu oleh istrinya ke atas panggung, dan menempatkannya pada posisi yang nyaman di tempat duduk, Autumn Leave, I Have a Dream, Molindo Cafe, dan Get Back pun mengalun indah. Maestro jazz tersebut membuktikan bahwa usia dan segala keterbatasan fisiknya tak mengikiskan kepiawaiannya menekan tuts-tuts piano. Bahkan musik-musik lain seperti klasik, pop, keroncong, dan dangdut juga masih sanggup dimainkan Bubi Chen dengan apik dan membuat penonton terkesima. Nampak beberapa kali istrinya naik ke panggung di sela pertunjukan, untuk membantu Buby tetap pada posisi duduk yang nyaman. Pertunjukan usai, istrinya kembali naik pentas dan membantu Bubi turun. Suasana mengharukan tersebut terjadi pada acara A Wonderfull Jazz Evening with Bubi Chen and The Doctors" di Hotel Patra Jasa Semarang, Sabtu 22 Mei 2010 lalu. "Saya persembahkan konser ini untuk mereka semua yang telah merawat saya selama berada di rumah sakit," ucapnya dari atas panggung.

Kurang lebih satu tahun kemudian, tepatnya pada 7 April 2011, Bubi terpaksa kembali menjalani amputasi. Kali ini kaki kanannya yang kena. Di Caesar Palace, lantai 24 Hotel Garden Palace Surabaya, tanggal 25 Mei 2011, ia muncul di hadapan penggemarnya, duduk di atas kursi roda, ditemani istrinya yang setia. Dan seperti biasa, ketegarannya selalu tampak dari wajahnya yang penuh senyum. Ratusan penggemar, termasuk para musisi seperti Syaharani dan Ermi Kulit Ervinna - penyanyi senior asli Surabaya, Ermy Kullit, Johan Untung, serta tujuh pianis jazz rela datang dan tampil meski tanpa honor, demi bertemu dengan sosok pujaannya. Bahkan Syaharani sempat berteriak berkali-kali “I love you, Om Bubi! I love you!”. Tepuk tangan meriah dari para hadiririn pun menyambutnya.

Spiritnya tak pernah hilang saat membawakan lagu di atas panggung, seolah, semua yang telah menimpanya adalah hal yang biasa sekali. “The show must go on,” katanya usai menerima penghargaan dan hadiah khusus dari Errol Jonathans, direktur Suara Surabaya Media. Penghargaan tersebut diberikan karena selama 25 tahun Bubi Chen istiqomah mengasuh program Bubi Chen Jazz Show di Radio Suara Surabaya: sebuah acara non komersial namun sangat membantu meningkatkan apresiasi jazz warga Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya.

Beberapa bulan sebelumnya, pada Sabtu, 13 Maret 2010, berbarengan dengan konser Wismilak The Legend Of Jazz, Bubi juga menerima penghargaan ‘Life Achivement Award’ dari Gubenur Jawa Timur, Soekarwo, sebagai penghormatan dan penghargaan untuk seniman dengan pengabdian sepanjang hidup. Tampil dalam acara tersebut Ermy Kullit (vokal), Ananda Mates (bas), Sandy Winarta (drum), Rio Sidik (trumpet), Yoyok (saksofon), Agam Hamzah (gitar) serta penampilan para musisi yang tergabung dalam Surabaya Jazzers (para musisi Surabaya yang pernah bergabung dengan Bubi Chen di tahun 80 dan 90 an), di antaranya Totok Afiat, Iwan, Tri, FX Boy dan Corina. Serta beberapa musisi muda lainnya dari Surabaya, yang merupakan murid-murid dari Bubi Chen. WISMILAK THE LEGEND OF JAZZ diselenggarakan oleh Surabaya Jazz Lovers (SJL) yang bekerja sama dengan Semarang Jazz Lovers (SJL).

The Legend

Tidak berlebihan kiranya kalau Bubi Chen disebut sebagai legenda jazz Indonesia. Pasalnya, menurut wawancara Warta Jazz dengan Bambang Sudibyo PR, mengatakan bahwa pertama kali jazz Indonesia ‘go international’ ya, sewaktu penampilan Bubi Chen bersama Indonesian All Star di jerman pada ajang Berlin Jazz Festival tahun 1967. Mereka terdiri dari terdiri dari Bubi Chen (piano), Jopie Chen (bass), Jack Lesmana (gitar), Benny Mustapha Van Diest (drums) dan Maryono (saxophone).

Diawali dengan kunjungan Tony Scott di Indonesia. Di sini dia sempat bermain dengan Bubi Chen, Maryono dan Jack Lesmana sampai akhirnya mereka menjadi sahabat yang kental maupun sebagai guru. Karena Tony Scott memang salah seorang pemain klarinet, yang pada waktu itu permainannya progresif, katakanlah. Dia pernah bermain dengan Charlie Parker, Billie Holiday dan sebagainya. Tetapi karena sesuatu hal dia harus segera meninggalkan Indonesia, sehingga dia tidak terlalu lama di sini. Kebetulan juga Tony Scott juga berkawan baik dengan seorang kritikus musik jazz dari Jerman, Joachim Berendt. Dia pesan ke Berendt kalau ke Indonesia jangan lupa hubungi Jack Lesmana. Kemudian Berendt ke Jakarta dan dikenalkan dengan Yos (red- Suyoso Karsono). Sebetulnya dia adalah ipar Jack Lesmana dimana pada waktu itu dia mempunyai perusahaan rekaman (Irama Records). Setelah mereka berdialog tentang kemungkinan mengirim group dari Indonesia. Itu atas usul Tony Scott. Akhirnya mereka membuat beberapa rekaman di Jakarta dan kemudian dikirimkan ke Jerman untuk di mainkan di beberapa stasiun radio di sana sebagai warming up. Setelah itu dibentuklah Indonesian All Stars. Karena mereka terus menerus berlatih selama 2 bulan, akhirnya mereka semua di boyong ke Jakarta tinggal di rumahnya Mas Yos. Hal ini disebabkan pada waktu itu Jack Lesmana dan Bubi Chen masih di Surabaya. Dan berangkat juga ke Eropa. Memang sesuai rencananya mereka melakukan tour di Eropa dengan puncaknya ikut serta di Berlin Jazz Festival. Tetapi mereka mengalami musibah. Setelah tournya sukses, sesampainya di Berlin, Maryono jatuh sakit keras. Jadi dalam festival itu Indonesian All Stars tidak jadi tampil, tetapi Bubi sendiri main. Jadi pada waktu itu panitia di sana memilih International All Stars Band dimana para personilnya dipilih dari berbagai negara dan Bubi terpilih sebagai pemain pianonya. Sejak itu, nama Bubi mulai dikenal oleh para kritikus jazz. Dan majalah Downbeat pada edisi akhir tahun 1967 namanya sudah mulai disebut "the best in Asia" dan "one of the best in the world". Selain itu , Bubi juga digelari sebagai “Art Tatum of Asia”.

Kini, 16 Februari 2012, pemusik murah senyum itu telah beristirahat untuk selama-lamanya. Tapi tidak untuk jiwanya. Tidak sekali dua ia mengomentari tentang kedua kakinya yang terpaksa diamputasi itu justru dengan kegembiraan. “Saya main piano atau keyboard kan pakai tangan. Hehehe...” ucapnya di sebuah acara jazz di Caesar Palace, lantai 24 Hotel Garden Palace Surabaya, 25 Mei 2011 lalu.”Mudah-mudahan dengan jari-jari ini saya masih bisa menyenangkan sesama manusia, khususnya arek-arek Surabaya.”

Kali lain, di rumah sakit, usai menjalani amputasi kaki yang ke dua, ia mengatakaan bahwa Tuhan masih sayang padanya. Kedua tangannya masih sehat saja sehingga ia masih bisa menghibur orang lain lewat musik. Dan setelah ia kembali ke pangkuanNya, saya yakin, cita-citanya semasa hidup itu akan tetap ada. Ia akan terus menghibur orang-orang Lewat-karya-karya yang telah ia ciptakan bersama maestro jazz Indoneisa yang lain. Juga kenangan-kenangan dari orang-orang yang pernah terlibat secara langsung dengannya. Mereka akan bercerita tentang kehebatannya, dan kerendah hatiannya. Terus sampai anak cucu. "Beliau pergi dengan nama baik, beliau salah satu yang terbaik di dunia," menurut ucapan Syaharani.


COMMENTS

Nama

4 lady,1,6 starz,1,7 icons,4,7 ikans,1,AC/DC,2,Acha Septriasa,1,ada band,2,adele,3,adera,1,Adhitia Sofyan,1,adinda,1,afgan,1,agnes monica,4,Ahmad Albar,4,ahmad dhani,3,Al Jarreau,1,Album Baru,2,aldisyah,1,alexa key,1,aljabar,1,American Idol,1,Ananda Sukarlan,1,anang dan ashanty,2,Andien,2,andika pratama,1,andra and the backbone,1,anggun c sasmi,1,angkasa,1,anji,6,antik,1,april,1,ari lasso,1,Ariel 'Noah',2,armada,2,Arman Maulana,1,asbak band,1,astrid,1,astrid sartiasari,1,avanindra,1,avenged sevenfold,4,avril lavigne,1,Axl Rose,2,Ayu Azhari,1,ayu ting-ting,4,backalley,1,band indonesia,117,band luar negeri,7,be5t,1,beage,1,bella wang,1,Bens Leo,1,berita,16,berry pratama,1,Billboard Music Awards,1,Bisnis Musik,1,Blues,3,Bob Dylan,1,Bob Marley,1,bob tutupoly,1,Borobudur Jazz Festival,1,bretney spears,1,Britain's Got Talent,2,Britney Spears,1,budi doremi,2,caffeine,1,Candil,1,cannonball,1,charly,1,charly ST12,1,Cheb Khaled,1,cherry band,1,cherry belle,3,Chris Cornell,1,Christina Grimmie,1,Chrisye,1,Cindy Bernadette,2,cinta kuya,1,citra idol,1,Conny Dio,1,dadali,1,Dangdut,3,david guetta,1,davinci band,1,dbagindas,3,de meises,1,Deddy Dores,1,demi lovato,1,devita,1,Dewa 19,2,dewi sandra,1,Di Balik Lagu,1,dindapobia,1,disconnected,1,Download,1,drew,1,drive,2,duette,3,dygta,2,Eddy Silitonga,3,event,2,fadly padi,2,Fahmi Shahab,1,febrian,1,five minutes,3,Float,1,foster the people,1,Gad Elbaz,2,garasi,3,Gaya Hidup,1,geisha,3,gigi,2,Gitaris,1,God Bless,3,goliat band,1,govinda,1,gracia indri,1,gruvi,1,Guns N' Roses,1,Haruka JKT48,1,hello,1,hello band,1,hey monday,1,heyho,3,hijau daun,2,honey,1,Ian Antono,2,Ibanez,1,Ibanez Flying Fingers Indonesia,1,ice cream attack,1,Imam S Arifin,1,indah dewi pertiwi,2,Indie,2,indra L bruggman,1,Indra Lesmana,1,instrumen,1,ipang,1,irfan makki,1,Iwan Fals,3,jamaican soul,1,January Christy,1,jason derulo,1,jason mraz,1,Jazz,23,Jazz Gunung Bromo,1,jikustik,3,JKT48,1,Joey Alexander,5,judika,4,july,1,justin bieber,2,K-Pop,1,kahitna,1,kangen band,1,kapten,1,katy perry,3,keith martin,1,kenang mirdad dan ederra,1,kerispatih,1,kinetik,1,Koes Plus,1,Koil,1,Konser,3,Konser The Story Maker,1,Kopi Dangdut,1,Korn,1,kotak,2,Krakatau,2,L’Alphalpha,1,La La Land,1,lady gaga,2,Lady Rockers Indonesia,1,laluna,1,last child,1,latasha,1,lil wayne,1,lirik lagu,258,livvy,1,lyla,2,mahadewa,2,mahadewi,1,maharani,1,maher zain,1,Maliq and D Essentials,2,marcell siahaan,2,Mariah Carey,1,matta band,1,maudy ayunda,3,max 5,1,Megadeth,1,Melaney Ricardo,1,Menjaga Suara Vokal,1,merpati band,1,Metallica,1,meva,1,Mike Mohede,2,Miley Cyrus,1,Mocca,1,mr bee,1,mulan jameela,1,Mus Mujiono,1,MusicBiz,9,musik,10,mutya lorenza,1,Naif,1,nia daniaty,1,Nicky Astria,2,nidji,4,nikita willy,1,nindy,1,nineball,1,notku,1,nsg star,2,once,2,Oon Project Pop,1,Paul Gilbert,1,pay BIP,1,Peabo Bryson,1,pia utopia,1,pink,1,pinkan mambo,1,pongky barata,1,pop,54,Prince,1,project pop,3,Rachel,1,radja,1,raisa,5,Ramayana Soul,1,ran,2,Rd Hot Chilli Peppers,1,REM,1,repvblik,1,ridho rhoma,1,rihanna,1,Robert Trujillo,1,Rock,33,Rolling Stones,1,rossa,3,Ryan 'D'Masiv',1,sammy simorangkir,2,Saykoji,1,seventeen,4,she,1,sheila on 7,3,sherina munaf,1,siti nurhaliza,2,Slipknot,1,smash,4,Soegijazz 2016,1,solo indo,6,solo indonesia,95,solo luar negeri,22,Sore,1,Soundgarden,1,Spotify,1,ST 12,1,ST12,2,superman is dead,2,syahrini,3,tangga,1,teuku wisnu,9,the changcuters,1,the rain,3,The Stone Roses,1,The Voice America,1,The Voice Kids Indonesia,1,titi sjuman,1,Tokoh,11,tompi,2,Toots Thielemans,1,triad,2,Tulus,1,Tye Trujillo,1,ungu,4,utophia,1,uya kuya,1,video,1,Voice of Baceprot,1,waktu band,1,wali,5,wawancara,2,We The Fest,2,wet dream fantasy,1,White Shoes and the Couples Company,1,Woodstock,1,World Music,1,Youtube,1,yovie and nuno,1,zigaz,1,
ltr
item
Jurnal Musik: Spirit of Bubi
Spirit of Bubi
http://3.bp.blogspot.com/-dBxQJxPkTfs/Tz5KwivJxNI/AAAAAAAAAKs/Kx9AQdEYT7M/s320/bubi.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-dBxQJxPkTfs/Tz5KwivJxNI/AAAAAAAAAKs/Kx9AQdEYT7M/s72-c/bubi.jpg
Jurnal Musik
http://www.jurnalmusik.com/2012/02/spirit-of-bubi.html
http://www.jurnalmusik.com/
http://www.jurnalmusik.com/
http://www.jurnalmusik.com/2012/02/spirit-of-bubi.html
true
6722394869147197826
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy